Recent Post

Selasa, 23 Maret 2010

Bluescreen / Dump Memory / Layar Biru (part 3)

Harddisk yang bermasalah dapat juga menyebabkan bluescreen, antara lain dikarenakan oleh bad sector, data yang hilang karena virus, instalasi program yang tidak sempurna , ataupun dikarenakan un-install program yang menghapus library (.dll) file yang digunakan oleh system atau program yang akan kita jalankan.

Untuk masalah bad sector dapat kita atasi dengan chkdsk/f ,dimana windows akan memberikan tanda agar bagian yang bad tidak digunakan. Btw, apabila yang terkenak sector awal atau untuk operating system maka cara ini tidak effektif, cara terbaik adalah mengganti harddisk dengan yang baru.

Apabila error karena virus kita dapat menggunakan antivirus untuk cure (mengobati) file yang corrupt, dan tidak semua file corrupt dapat diobati oleh anti virus, alternatif lain adalah install ulang operating system, untuk antivirus akan dibahas di bagian lain.

Sedangkan untuk file yang hilang karena install atau uninstall, kita dapat menggunakan perintah F8 pada saat windows pertama kali nyala, setelah itu pilih menu “Previous configuration”.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More